GBPP PENJAS SD
GARIS-GARIS
BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP)
Mata pelajaran : Pendidikan jasmani, olahraga, dan
kesehatan
Kelas/semester : 1/2
Jenjang :
SD
Tujuan Instruksional Umum : siswa dapat membentuk
karakternya dan tubuh melalui pendidikan jasmani dan olahraga
No
|
Pokok Bahasan
|
Tujuan Instruksional Khusus
|
Sub Pokok
Bahasan/Konsep
|
Estimasi
Waktu
|
Daftar Pustaka
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
|
Mempraktikkan
gerak dasar ke dalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di
dalamnya.
Mempraktikkan
gerak dasar ke dalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di
dalamnya.
Mempraktikkan
gerak dasar ke dalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di
dalamnya.
Membiasakan
penampilan sikap tubuh dalam berbagai posisi
Mempraktikkan
gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung di dalamnya.
Menampilkan
perasaan melalui musik dan gerak berirama serta nilai yang terkandung di
dalamnya.
Mempraktikkan
pengenalan lingkungan sekolah melalui aktivitas jasmani dan nilai yang
terkandung di dalamnya.
Menerapkan
budaya hidup sehat.
|
Mempraktikkan
gerak dasar jalan, lari dan lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola
dasar permainan sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi.
Mempraktikkan
gerak dasar jalan, lari dan lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola
dasar permainan sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi.
Mempraktikkan
gerak dasar memutar, mengayun, menekuk dalam permainan sederhana,
dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab
Mempraktikkan
gerak dasar menangkap obyek berbagai ukuran dalam permainan sederhana,
dan kerjasama, toleransi, kejujuran, dan tanggung jawab.
Membiasakan
penampilan sikap tubuh dalam posisi diam. dan
dalam posisi bergerak.
Mempraktikkan
gerakan senam lantai sederhana, serta nilai percaya diri dan disiplin.dan
gerak peregangan dan pelemasan dalam kegiatan pemanasan sederhana
dengan benar serta nilai disiplin.
Menampilkan
gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah mengikuti bunyi-bunyian
secara individu, serta nilai estetika.dan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah menggunakan bunyi- bunyian secara berpasangan/ kelompok kecil, serta nilai estetika
Mempraktikkan
pengenalan lingkungan sekolah secara beregu dan nilai disiplin, kerjasama
dan kebersihan lingkungan, serta pemanfaatan makanan dan minuman yang baik.
Menjaga
kebersihan gigi dan mulut. danMengenal (makanan sehat).
|
Latihan
macam-macam berjalan(eksplorasi).
Latihan macam-macam lari(eksplorasi). Latihan macam-macam meloncat(eksplorasi).
Latihan
macam-macam lari(eksplorasi).
Latihan macam-macam meloncat(eksplorasi). Latihan permainan ular makan ekor(eksplorasi)
Latihan
macam-macam berjalan(eksplorasi).
Latihan macam-macam lari(eksplorasi). Latihan macam-macam meloncat(eksplorasi).
Latihan
macam-macam lari(eksplorasi).
Latihan macam-macam meloncat(eksplorasi). Latihan permainan ular makan ekor(eksplorasi).
Latihan
memutar tangan, badan, dan lutut(eksplorasi).
Latihan mengayun tangan dan kaki ke berbagai arah(eksplorasi). Latihan jongkok dan berdiri(eksplorasi). Latihan permainan memutar, mengayun, dan menekuk anggota badan dengan isyarat peluit(eksplorasi).
Latihan
memutar tangan, badan, dan lutut(eksplorasi).
Latihan mengayun tangan dan kaki ke berbagai arah(eksplorasi). Latihan jongkok dan berdiri(eksplorasi). Latihan permainan memutar, mengayun, dan menekuk anggota badan dengan isyarat peluit(eksplorasi)
Latihan
melempar dan menangkap bola ke berbagai arah(eksplorasi).
Latihan
macam-macam memukul bola(eksplorasi).
Latihan permainan kucing-kucingan lempar tangkap bola(eksplorasi).
Latihan
melempar dan menangkap bola ke berbagai arah(eksplorasi).
Latihan
macam-macam memukul bola(eksplorasi).
Latihan permainan kucing-kucingan lempar tangkap bola(eksplorasi).
Latihan
macam-macam sikap duduk dan berbaring tanpa alat(eksplorasi).
Latihan
macam-macam sikap duduk di kursi(eksplorasi).
Latihan macam-macam sikap berlari(eksplorasi).
Latihan
macam-macam sikap meloncat(eksplorasi)
Latihan
macam-macam sikap duduk dan berbaring tanpa alat(eksplorasi).
Latihan macam-macam sikap duduk di kursi(eksplorasi). Latihan macam-macam sikap berlari(eksplorasi).
Latihan
macam-macam sikap meloncat(eksplorasi)
Latihan
berguling ke depan dan ke belakang(eksplorasi).
Latihan gerakan kayang(eksplorasi). Latihan peregangan bahu, pinggang, punggung dan kaki(eksplorasi). Latihan gerakan membungkuk dengan kaki sejajar dan kaki disilang dengan tangan dilemaskan ke depan dan ke belakang(eksplorasi)
Mengulang
berkali kali latihan berguling ke depan dan berguling ke
belakang(eksplorasi) Latihan melakukan gerakan peregangan bahu(eksplorasi). Latihan melakukan gerakan peregangan punggung dan pinggang(eksplorasi). Latihan melakukan gerakan peregangan kaki(eksplorasi). Latihan melakukan gerakan membungkuk dengan kaki sejajar dan kaki disilangkan(eksplorasi)
Latihan
gerak mengikuti irama dengan langkah cha-cha diiringi lagu bermain
layang-layang(eksplorasi).
Latihan gerak mengikuti irama secara kelompok dengan langkah cha-cha dan gerak tangan diiringi lagu hai becak(eksplorasi).
1
jam pelajaran latihan seperti pertemuan ke-1(eksplorasi).
1 jam pelajaran dilakukan test(elaborasi).
Pengenalan
ruang kelas 1 sampai kelas 6(eksplorasi).
Pengenalan ruang perpustakaan dan laboratorium sekolah(eksplorasi). Pengenalan lingkungan dan lapangan olahraga sekolah(eksplorasi).
Berjalan
sambil membersihkan lingkungan sekolah(eksplorasi).
Berjalan
sambil bernyanyi mengelilingi lapangan olahraga sekolah(eksplorasi).
Berjalan untuk jajan ke kantin sekolah dengan memilih makanan dan minuman yang bersih(eksplorasi). Test dilakukan dengan pengamatan langsung(elaborasi).
Arti
dan kegunaan gigi dan mulut(eksplorasi). Cara menjaga kebersihan gigi dan
mulut. Dengan praktik cara gosok gigi yang benar (eksplorasi)
Kebiasaan
yang dapat merusak gigi dan mulut(eksplorasi).
Arti dan kegunaan makanan sehat(eksplorasi). 1 jam pelajaran dilakukan test(elaborasi) |
1X 30
menit
1 X 30
Menit
1X 30
Menit
1 X 30
Menit
1 X 30
Menit
1 X 30
Menit
1 X 30
Menit
1 X 30
Menit
1 X 30
Menit
1 X 30
Menit
2 X 30
Menit
2 X 30
Menit
2 X 30
Menit
2 X 30
Menit
2 X 30
Menit
2 X 30
Menit
2 X 30
Menit
|
Buku
Penjasorkes untuk SD Erlangga dan Widya Utama.
Peluit.
Buku
Penjasorkes untuk SD Erlangga dan Widya Utama.
Peluit.
Buku
Penjasorkes untuk SD Erlangga dan Widya Utama.
Peluit.
Buku
Penjasorkes untuk SD Erlangga dan Widya Utama.
Peluit.
Buku
Penjasorkes untuk SD Erlangga dan Widya Utama.
Bola, peluit, stopwatch.
Buku
Penjasorkes untuk Erlanggaa dan SD Widya Utama.
Kursi, bola dan peluit.
Buku
Penjasorkes untuk SD Erlangga dan Widya Utama.
Tape, kaset, peluit.
Buku
Penjasorkes untuk SD Erlangga dan Widya Utama.
Sapu, pengki.
Buku
Penjasorkes untuk SD Erlangga dan Widya Utama.
Gambar gigi, mulut, makanan sehat. |
Posting Komentar