Belajar Motorik


BELAJAR MOTORIK : BELAJAR GERAK    (motor learning )

Tujuan pendidikan dibagi atas 3 bagian :
1.KOGNITIF  : ( BERPIKIR )Aktivitas dengan kemampuan berpikir                                                            (intelektual/intelegensi).rana ini banyak berhubungan dgn informasi                dan pengetahuan.tujuan ini terutama dialamtkan kepada                                              perkembangan intelektual siswatumbuhan sikap
2. AFEKTIF             : (perasaan /emosi)rana ini berhubungan dgn pertumbuhan                                            sikap, emosi,social,dan nilai-nilai dari siswa.
3.PSIKOMOTOR : (aktivitas gerak )mencakup keterampilan-keterampilan otot dan                                              gerakan-gerakan,yang tertuju kepada perolehan keterampilan                                     mengerjakan dan bergerak.

A.DOMAIN kognitif dibagi 6 bagian
1.pengetahuan          : ingin mengetahui/pembelajaran : mencakup ingatan                                                       mengenai hal-hal yang perna dipelajari dan disimpan                                                       dalam ingatan; hal-hal itu dapat meliputi                                                                           fakta,norma.prinship dan metode yang diketahui.
2.pemahaman          : memahami / membayangkan :mencakup kemampuan                                                  menangkap makna dan arti bahan yang di ajarkan, yang                                                 ditunjukkan dalam bentuk kemampuan menguraikan isi                                            poko dari suatu bacaan,menjelaskan arti dari suatu                                                          defenisi,mengubah kalimat aktif menjadi kalimat fasif
3. aplikasi                   : penerapannya :kemampuan untuk menerapkan suatu                                                     kaidah atau metode bekerja pada suatu kasus atau                                                      masalah yang nyata.
4. analisis                               : menganalisa :encakup kemampuan merinci atau memilih suatu keseluruhan ke dalam unsure-unsur atau komponen-komponen beserta hubungan antara komponen-komponen.
5. sintesis                   : penyataan dan pengaplikasian :kemampuan menggabungkan komponen-komponen yang terpis sehingga membentuk satu keseluruhan .
   6.evaluasi                 : tes /mencakup kemampuan membentuk suatu pendapat                                             mengenai sesuatu berdasarkan pertimbangan dan criteria                                             evaluasi tertentu.
B.DOMAIN AFEKTIF
1.menerima                   :                      
2.memperhatikan
3. menanggapi
4.menilai
5.pengorganisasian : pengstrukturan
6. karakterisasi nilai
C.DOMAIN PSIKOMOTOR
1 gerak reples               : gerak tiba-tiba/ stimulus/ respon.yaitu kemampuan melakukan tindakan sebagai respon motoris otomatis terhadap rangsangan
2.gerak dasar  fundamental :merupakan kemampuan melakukan pola-pola yang bersifat pembawaan dan terbentuk dari kombinasi gerakan-gerakan reflex.
3.kemampuan perceptual  :adalah kemampuan menerjemahkan perangsang yang diterima melalui alat panca indra menjadi gerakan-gerakan yang tepat
4.kemamouan fisik  : dalah kemampuan gerakan-gerakan sebagai inti untuk mengembangkan gerakan-gerakan terlatih
5.gerak ketrampilan    : orang mampu blum tentu terampil/mencakup kemampuan melakukan suatu rangkaian gerak gerikdengan lancar,karena sudah terlatih secukupnya,tanpa memperhatikan lg contoh yang diberikan
6. Komunikasi non distufsif :
FUNDAMENTAL DIBAGI ATAS BEBERAPA BAGIAN
Lokomotor                                     : gerak berpinda dari satu tempat ketempat lain
Non loko motor                : gerak tdk berpida tempat / menggunakan anggota
                                              tubuh . contoh memutar lengan,mengyun kaki,dsb
manipulatif                       : gabungan gerakan lokomotor dan non lokomotor
                                             : gerakan menggunakan objek tertentu/ menggunakan  
                                               alat

Related Product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SEMUA PASTI ADA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger