TITIK KESETIMBANGAN PADA GERAK DASAR BASKET


A.     Tehnik bounce pass

Tehnik bounce pass atau Lemparan pantulan dengan dua tangan Lemparan pantulan dengan dua tangan dilakukan dalam posisi bola di depan dada. Lemparan ini sangat baik dilakukan untuk menerobos lawan yang tinggi. Bola dipantulkan di samping kiri atau kanan lawan dan teman telah siap menerimanya di belakang lawan. Lemparan ini harus dilakukan dengan cepat, agar tidak tertahan atau terserobot lawan. Lemparan pantulan juga dapat dilakukan dengan jalan menipu lawan ke samping kanan, padahal bola dilemparkan ke kiri atau sebaliknya. Cara melakukannya:

(1) Sikap permulaannya sama dengan operan dada setinggi dada
(2) Bola dilepaskan/didorong dengan tolakan dua tangan menyerong ke bawah dari letak badan lawan dengan jarak kira-kira 1/3 dari penerima
(3) Pandangan mata kearah bola yang dipantulkan, kemudian ke penerima
(4) Bila berhadapan dengan lawan, maka sasaran pantulan bola berada di samping kanan/kiri kaki lawan.
Tehnik dalam bola basket ini cara untuk memberikan bola kepada teman dalam permainan bola basket. Titik kesetimbangan dalam gerakan ini berada di bagian perutmenurut ananlisa penulis lebih tepaknya berada di bagian atas pusar dibawah os sternum sebab badan agak dicondongkan kedepan saat melakukan gerakan ini. Pada  gerakan ini titik kesetimbangannya masih berada di dalam wilayah tumpuan sehingga tubuh tak kan jatuh sewaktu melakukan gerakan ini kecuali badan terlalu condong kedepan dan lutut tak di tekuk itu dapat membuat tubuh jadi tidak stabil. sedangkan gerakan ini termaksud dalam keadaan stabil.

B.     Tehnik chest pass
Add caption
Tehnik ini merupakan operan yang sering dilakukan bola basket. Operan ini berguna untuk jarak pendek, karena cara in akan menghasilkan kecepatan, ketepatan, dan kecermatan terhadap teman yang diberi operan/bola. Adapun jarak lemparan adalah 5 sampai 7 meter. Cara melaukan teknik adalah sebagai berikut:

(1) Bola dipegang sesai dnegan teknik memegang bola basket.
(2) Sikut dibengkokkan ke samping sehingga dekat dengan dada
(3) Kaki dapat dilaukan sejajar/kuda-kuda dengan jarak selebar bahu.
(4) Lutut ditekuk, badan condong ke depan dan jaga keseimbangan.
(5) Bola didorong ke depan dengan kedua tangan sambil meluruskan lengan dan diakhiri lengan lecutan pergelangan tangan sehingga telapak tangan menghadap keluar.
(6) Bagi yang belara digerakkan pelurusan dapat dibantu dengan melangkahkan salah satu kaki/kaki belakang ke depan.
(7) Arah operan setinggi dada/pinggang dan bahu penerima
(8) Bersamaan dengan gerak pelepasan bola, berat badan dipindahkan ke depan.
Tehnik dalam bola basket ini cara untuk memberikan bola kepada teman dalam permainan bola basket. Menurut analisa penulis lebih detailnya hamper sama dengan gerakan passing lainya. Tapi sesuai dengan kenyataan saat ini gerakan ini mempunyai beberapa gerakan modifikasi sehingga titik kestimbangan berbeda. Sesuai gerakan yang sering dilakukan yakni bedan agak tegak sehingga sewaktu gerakan ini titik kesetimbangannya berada dibawah pusar di bagian perut. Pada  gerakan ini titik kesetimbangannya masih berada di dalam wilayah tumpuan sehingga tubuh tak kan jatuh sewaktu melakukan gerakan ini kecuali badan terlalu condong kedepan dan lutut tak di tekuk itu dapat membuat tubuh jadi tidak stabil. sedangkan gerakan ini termaksud dalam keadaan stabil.

Add caption
C.     Pivot
Pivot adalah gerakan berputar ke seala arah dengan bertumpu salah satu kaki (kaki poros) pada saat pemain tersebut menguasai bola, sedangkan kaki yang dipindahkan dapat melewati depan atau belakang. Gerakan pivot berfungsi untuk melindungi bola dari rebutan pemain lawan. Pemai yang berpostur tinggi yang ditempatka di sekitar ring basket lawa harus mahir melakukan pivot untuk menembak. Cara melakukan pivot adalah sebagai berikut:

(1) Sikap permulaan berdiri tegak kedua kaki dibuka lebar dengan salah satu kaki kanan/ kiri berada di depan dan kedua tangan memegang bola di depan dada
(2) Kaki belakang digerakkan ke depan, ke samping atau ke belakang (digerakkan ke segala arah disesuikan dengan arah bola yang dikehendaki), sehingga badan berputar mengikuti arah pergerakan kaki.
(3) Setelah bola dirasa aman maka bola tersebut dapat dioperkan kepada teman yang bebas dari penjagaan lawan/ dapat pula langsung menembakkan ke ring basket lawan.
(4) Pada saat melakukan pivot bola selalu dalam keadaan siap jaga (bola dipegang di depan dada) agar bola tidak mudah direbut lawan.
Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada saat melakukan pivot adalah sebagai berikut:
(1) Kaki poros tergeser atau terangkat.
(2) Arah berputar menghadap lawan.
Tehnik dalam bola basket ini cara untuk melindungi bola dan mencari ruang untuk memberikan bola kepada teman dalam permainan bola basket. Titik kesetimbangan dalam gerakan ini berada di bagian perutmenurut ananlisa penulis lebih tepaknya berada di bagian atas pusar dibawah os sternum sebab badan agak dicondongkan kedepan saat melakukan gerakan ini. Pada  gerakan ini titik kesetimbangannya masih berada di dalam wilayah tumpuan sehingga tubuh tak kan jatuh sewaktu melakukan gerakan ini kecuali badan terlalu condong kedepan dan lutut tak di tekuk itu dapat membuat tubuh jadi tidak stabil. sedangkan gerakan ini termaksud dalam keadaan stabil.










Related Product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SEMUA PASTI ADA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger