materi kuliah
ANATOMI
Hubungan antar organ tubuh untuk
menghasilkan gerak.
Tulang(rangka) → alat
gerak fasip
Persendian → hubungan antara tulang
Otot rangka → alat gerak aktif
Otak dan saraf → arus lstrik → impuls
Jangtung↘
darah→
sel otot → oksidasi →energi → tenaga
Nurtrisi
↗
Macam-macam bentuk tulang
Tulang panjang : tulang paha(femur)
Tulang pendek : tulang pinggang(lumbalis)
Tulang pipi/plat : tulang belikat(scapula)
T/P SEPAK BOLA
Sepak bola adalah pemainan yang beregu yang
dimainkan oleh 2 regu.
Sejarah kuno sepak bola:
-
cina merasa
dirinya menemukan permainan ini, kaum militer memainkan permainan sepak bola
pada zaman dinasti “han” pada tahun 247M
-
jepang menamainya
dengan “kemari” tapi dalam permainan ini sedikit berbeda apabila menjatuhkan
bola di tanah maka akan kalah
-
yunani disebut
“epyskyros” pertandingan ini di mainkan oleh pria perkasa
-
romawi disebut
“harpastum” romawi mempunyai bukti yaitu ditemukannya bola yang terbuat dari
kulit kayu
-
francis “choul”
dimainkan oleh para birawan
-
Italy disebut “decalsio”
ini dimainkan di fiorentina dengan menggunakan 27 orang
-
Inggris disebut
“rugby” permainan ini menggunakan kaki dan tangan kaum yang memainkannya adalah
para militer, bolanya terbuat dari tengkorak manusia yang dikeringkan kemudian
di lilit usus dan bulu domba yang diisi kulit kayu, kemudian para raja
menghentikan permainan ini karena sering membuat kehancuran, lalu para raja
melakukan pertemuan gengan para kaum cendikiawan dan hasilnya mencullah
peraturan yang sebenarnya, kemudian dibuatlah pertandingan pertama di inggris
yang dikenal dengan nama “piala FA”, piala FA terbuat dari perak.
SEJARAH
SEPAK BOLA DI INDONESIA
Indonesia
mengenal sepak bola dari bangsa belanda, pada saat itu rakyat kecil tidak boleh
memainkan sepak bola jika ditemukan akan dibunuh tetapi rakyat Indonesia
penasaran dengan permainan ini sehingga para rakyat kecil memainkan permainan
ini dengan sembunyi – sembunyi. Pada tahun 1930 terbentuklah PSSI(persatuan
sepak bola seluruh indonesia) yang mendirikan yaitu SURATIN pada masa ini
Indonesia mengikuti piala dunia pada tahun 1938 tapi namanya berubah menjadi
“indo-belanda” indonesia pada masa itu melawan HUNGARIA tapi malah dikalah 6-0
tapi saat melawan unisoviet 0-0 sehingga dilakukan pertandingan ulang tiba-tiba
cuaca turun salju dan para pemain Indonesia tika tahan oleh cuaca yang dingin
sehingga kembali dikalah.
![]() |
|||||||
![]() |
![]() |
||||||
![]() |
|||||||
SEJARAH OLAHRAGA
Sport berasal dari bahasa latin yang artinya
“berfoya-foya”, setiap kegiatan fisik mengandung ciri-ciri permainan diri
sendiri maupun orang lain. Olahraga bentuk jasmani yang didalamnya menyangkut
permainan. Olahraga masuk di Indonesia pada zaman hindu-budha pada 4/5masehi.
Olahraga lahir sejak manusia itu lahir.
Olahraga adalah seluruh gerak yang menggunakan fisik. Pada zaman agama
hindu-budha penjas bertujuan: pertama untuk menguasai sikap badan dan daya
tahan tubuh contohnya yoga atau meditasi, kedua untuk menguasai sikap
keterampilan memainkan senjata.
ILMU KEPELATIHAN DASAR
Bertujuan untuk belajar berlatih, melatih
untuk meningkatkan kemamouan atau prestasi dan untuk belajar bagaimana cara
meningkatkan pengetahuan, keterampilan kualitas fisik dan mental atlit sehingga
dia dapat berprestasi secara optimal.
Ilmu ini mempelajari;
-
Biokimia -
iptek olahraga
-
Psikologi -
humaniora
-
Anatomi -
biomekanika(fisika)
-
Fisiologi(ilmu
faal) - sosiologi
-
Sport medicine - biologo
miokuler
Repatisi adalah ulangan gerakan yang ada dalam
gerakan.
Set adalah satuan gerakan dalam repatisi.
Intensitas adalah rens(jangka) waktu dalam
aktivitas.
Frekuensi adalah waktu yang dipergunakan saat
latihan.
Peran pelatih yaitu sebagai penuntun para
atlit dapat sebagi orang tua, polisi, dan sebagainya,
Hak dan kewajiban atlit:
Hak:
-
mendapatkan service yang baik.
Kewajiban:
-
Latihan
-
Patuh pada
pelatih
-
Mengikuti
kompetisi
-
Berprestasi
Program latihan yaitu dimulai persiapan,
kompetisi, relaksasi.
Ada beberapa komponen yang harus dilatih yaitu
fisik, keterampilan, tekhnik/strategi, dan mental. Pelatih dalam melatih
memperhatikan dosis latihan dan efek dari latihan, dosis latihan adalah
komposisi/ramuan latihan yang di berikan oleh pelatih ada waktu melatih.
Intensitas latihan adalah tinggi rendahnya beban latihan yang diberikan pada
atlit. Alat sederhana untuk mengukur intensitas latihan adalah denyut nadi.
Macam-macam denyt nadi;
DN MAX (maksimal) suatu batas denyut nadi yang
dimiliki orang.
DN REST (istirahat) suatu denyut nadi yang
dihitung pada saat istirahat latihan.
DN REC (recavry) denyut nadi pemulihan setelah
latihan.
DN MAX = 220 – umur = /menit
DN REST = 70 -80/menit
DN REC = 120keatas/menit
Kompetensi pelatih:
1. Pengetahuan dan keterampilan cabang olahraga.
2. Kewibawaaan dan charisma.
3. Menyusun program latihan.
4. Inovasi dalam melatih.
5. Meningkatkan kondisi fisik, keterampilan, teliti
strategi dan mental.
6. Mengatasi masalah dalam melatih.
Kekuatan adalah tegangan sebuah otot atau
lebih yang besrta melawan suatu tahanan dengan usaha maksimal atau kemampuan
otot untuk dapat mengatasi tahanan atau beban serta memindahkan beban dalam melakukan
aktifitas.
Faktor-faktor
yang menentukan kekuatan
1. Luas potongan melintang otot
2. Jumlah fibril otot
3. Ukuran rangka otot.
4. Infekvasi otot (syarat pusat dan syarat kapi)
5. System kimia otot.
6. Tanus otot, psikologis, usia, jenis kelamin.
Macam-macam latihan kekuatan
1. Latihan dengan mengatasi berat badan sendiri
terutama bagi atlit usia anak.
2. Latihan yang menggunakan beban ditarik,
didorong, diangkat, dan ditahan.
3. Latihan bermain menggunakan otot diperberat.
4. Latihan menggunakan otot spesifik.
Prinsip-prinsip latihan kekuatan
1. Sekolompok otot harus mendapat tahanan atau
beban secara opurlut.
2. Jumlah ulangan sedikit dan beban harus berat.
3. Individual.
4. Continue dan spesifik.
5. Latihan harus spesifik sesuai kebutuhan
gerakan suatu tekhnik dalam permainan.
6. Menuju power.
7. Diawali dengan pemanasan diakhiri dengan
relaksasi dan latihan kelenturan.
Unsure kesegaran jasmani.
Power adalah gabungan antara kekuatan dan daya
ledak(kecakapan). Kontraksi otot dengan kekuatan max dan kecepatan max.
Pengembangan power;
1. Tahanan atau beban yang disusun secara
perorangan.
2. Seseorang harus mendapatkan beban max pada
setiap latihan/gerakan.
3. Jumlah ulangan kontraksi direncanakan secara
optimal (6/8 ulangan 3set)
AZAS FILSAFAT OLAHRAGA
Asal usul dari filsafat : rasa ragu, rasa
heran, rasa ingin tahu, rasa kesadaran kurang.
Sumber filsafat : intuisi, wahyu, allah(tuhan)
Peranan filsafat: mendobrak, pembebas, penbimbing.
Kegunaan :
-
Secara sistematis
yaitu menawarkan metode mutakhir dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi
dalam dunia olahraga baik yang terkait oleh hakikat dan kebenaran tetang
olahraga maupun pengetahuan dalam dunia olahraga.
-
Sebagi salah satu
sarana untuk mencapai dan mengali budaya-budaya khususnya olahraga.
Cirri-ciri dari filsafat
-
Menyeluruh
-
Mendasar
-
Spekulatif = sangat
yakin
KESEHATAN OLAHRAGA
Kesehatan olahraga adalah instlansinya
Olahraga kesehatan adalah praktek dalam
kegiatan olahraga
Kebugaran jasmani sama dengan kesanggupan
jasmani = kesamaptaan jasmani
Kebugaran jasmani secara harpiah adalah
kecocokan fisik atau kesanggupan fisik.
Kebugaran jasmani secara umum adalah kecocokan
dan keadaan fisik terhadap tugas-tugas yang harus dilaksanakan di dalam
kegiatan olahraga.
Syarat-syarat fisik dari kebugaran jasmani:
-
Anatomis :
kesesuaian struktur tubuh dalam komponen jasmani terhadap tugas yang harus
dilaksanakan dalam kegiatan olahraga.
-
Fisilogis :
kesesuaian jasmanai secara fungsional terhadap tugas fisik yang harus
dilaksanakan didalam kegiatan olahraga.
Sasaran olahraga kesehatan
1. Menjaga dan meningkatkan fungsi gerak
2. Meningkatkan kemampuan otot untuk dapat
melakukan gerakan yang lebih lanjut.
3. Memelihara kemampuan aerobic(kekuatan yang
banyak)
Konsep olahraga kesehatan
-
Waktunya tidak
terlalu lama
-
ADEKUAT adalah
tidak maksimal, tidak terlalu berat karena sasarannya adalah kesehatan
-
Padat gerak
-
Bebas stress
-
Fisiologis ialah
tentang amannya organ tubuh(tidak beresiko cedera)
-
Siatnya social
Bagian dari kebugaran jasmani
-
Anatomical
fitness = segala sesuatu yang berhubungan dengan anatomis seperti ; tinggi
badan, berat badan, dan bagian badab lainnya
-
Fisiological
fitness = tingkat kemampuan menyesuaikan fungsi alat tubuh terhadap lingkungan.
MANAJEMEN PENJAS
Penjas :
·
Terpusat
pada kemampuan anak
·
Pemanduan
bakat
·
Tidak
selalu bertanding
·
Menekankan
perkembangan kepribadian
·
Dirancang
tuk mandidik
·
Sosialisasi
mendidik
·
Tidak
mengenal pembakuan peraturan
·
Menekankan
penguasaan keterampilan dasar
Olahraga :
·
Tidak
mampu ditinggal
·
Mempunyai
nilai pendidik
·
Pendidik
dalam olahraga
·
Mengutamakan
penguaaan dan keterampilan olahraga
·
Peraturan
baku
·
Menekankan
penguasaan
Manajemen menurut S. P, SIAGIAN
-
Manajemen
adalah inti dari administrasi
-
Leadership
adalah inti dari manajemen
-
Human
relation(hubungan) adalah inti dari leadership
Administrasi manajemen : bimbingan,
kepemimpinan, dan penguasaan usaha guna mencapai tujuan yang sama (new man
1963)
Administrasi manajemen : proses yang
pada umumnya terdapat pada semua usaha kelompok pemerintah atau masyarakat,
sipil atau militer besar atau kecil (white 1958)
Administrasi manajemen : serangkaian
kegiatan yang dilakukan oleh sekolompok orang dalam suatu kerja sama untuk
mencapai tujuan tertentu (hong gie)
Pentingnya manajemen
-
Kualitas
organisasi ditentukan oleh manajemen
-
Manajemen
memberikan pemahaman dan penghargaan trhadap prinsip dasar dalam bidang ini
-
Manusia
dipengaruhi oleh manajemen
Organisasi berasal dari bahasa yunani
yakni organon atau alat adalah sekelompok orang dalam suatu wadah untuk mencapi
tujuan yang sama.
Menurut stoner organisasi adalah
suatu pola hubungan yang melalui dimana orang dibawah pengawasan atasan
mengejar tujuan yang sama.
Menurut james d money organisasi
adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Secara umum organisasi adalah sekumpulan orang dalam
tujuan sama dan bersamam mencapai tujuan.
ISI : IKATAN SPORT INDONESIA (1938)
PSSI : PERSATUAN SEPAK BOLA SELURUH
INDONESIA (1930)
PERBASI : PERSATUAN BOLA BASKET SELURUH INDONESIA
(1940)
BAPOMI : BADAN PEMBINA OLAHRAGA
MAHASISWA
BAPOSI : BADAN PEMBINA OLAHRAGA SISWA
PWORSI : PERSATUAN WANITA OLAHRAGA
SELURUH INDONESIA
PSIKOLIGI DAN FISIOLOGI OLAHRAGA
Feak performance = penampilan
maksimal
Glikogen = mineral dan protein
Latihan dalam persiapan yakni
MEDITASI(membayangkan sesuatu tuk mecapai sasaran)
HIPNOTIS = segala bentuk pemikiran
yang mengingat kejadian terbaik yang telah berlalu secara berulang.
System respirasi yakni system
pernapasan terbagi dua : inspirasi (menghirup oksigen O2), ekspirasi
(mengeluarkan karbon dioksida CO2)
Vital kompetiti yakni kemampuan
seseorang untuk menghisap O2 dalam waktu tertentu.
Yang mendukung system respirasi
yakni;
-
Rongga
dada (mengangkat beban, atau push up)
-
Otot
perut (sit up)
Factor yang mempengaruhi respirasi :
-
Umur
-
Jenis
kelamiin
-
Antropometri
(struktur tubuh)
-
Genetic
-
Latihan
-
Kesehatan
dan keadaan lingkungan
VO2MAX(volume oksigen
maksimal) yaitu kemampuan seseorang untuk menyimpan oksingan di paru-paru.
Asam laktat = pemicu keletihan pada
seseorang
Perubahan pada system saraf ada
positif dan negative.
-
CNS
(contere nervus system) saraf pusat
-
Saraf
otonom (jantung)
-
Saraf
ferifer = saraf sensorik yang menerima rangasangan dari luar
-
Saraf
motorik sebagai jaringan penghantar
Yang membawa perintah dari coetex
celebry ke organ pelaksana yakno saraf motorik, myelin adalah yang mempercepat
rangsangan disaraf.
Unsure dalam otot ada protein, enzim,
calcium, fe, traponin, metakondria.
Daya tahan adalah kemampuan melakukan
latihan dalam waktu lama dan masih bias melakukan aktivitas lain.
Stamina adalah kemampuan lebih tinggi
dari daya tahan.
Organ-organ
Endokrin berperan basar terhadap
gerak.
System saraflah yang mengatur segala
aktivitas, perasaan dari seseorang
Medulla spinalis adalh saraf yang
mengatur gerak sebelum sampai ke saraf motorik.
Serabrum adalah pusat pengaturan
fungsi gerak perannya sangat penting karena serebrum mengatur keseimbangan.
Hipotalamus adalah bagian dari otak
mengatur endokrin
Homeostatis adalah keseimbangan,
mengatur hormone-hormon dan mendeteksi makanan.
Perbedaan futsal dengan sepak bola
Olahraga futsal
|
Olahraga sepak bola
|
-
Lingkaran bola
62 – 68 cm
-
Dimainkan oleh
5 orang
-
Tidak ada
batasan pergantian pemain
-
Bola out
dimulai dengan kick in(tendangan kedalam)
-
Wasit dan 2
asisten
-
Waktunya
2x20menit (stopped clock jika terjadi sesuatu dilapangan)
-
Perpanjangan
waktu 2x10menit
-
Ada time out
-
Bola goal kick
dimulai dengan lemparan kipper
-
Jangka waktu
kipper memengang bola 4detik
-
Ada batasan
pelanggaran sebanyak 5x jika lewat maka hukuman penalty
-
Pemain yang
diganjar kartu merah, boleh digantikan oleh pemain lain setelah 2menit atau
lawan mencetak gol
-
Tendangan
corner kick di sudut corner
-
Hanya sekali
dapat melakukan backpass ke kipper
-
Kontak fisik
dilarang
-
Offside tidak
berlaku
|
-
Lingkaran bola
68 -70 cm
-
Dimainkan oleh
11 orang
-
Dibatasi
pergantian peminnya
-
Bola out
dimulai dengan throw in(lemparan ke dalam)
-
Wasit dan 2
asisten
-
Waktunya
2x45menit
-
Perpanjangan
waktu 2x15menit
-
Tidak ada ime
out
-
Bola goal kick
dimulai dengan tendangan kipper
-
Jangka waktu
memengang bola 15detik
-
Tidak da
batasan pelanggaran
-
Pemain yang
diganjar kartu merah, tidak boleh digantikan
-
Tendangan
corner kick di area corner
-
Tidak ada
batasan backpass ke kipper
-
Kontak fisik
diperbolehkan
-
Offside berlaku
|
![]() |
|||
![]() |
Keterangan:
Merah = 22, 77 meter
Biru = 10,97 meter
Kuning = 8,37 meter
Hitam = 6,04 meter
Orange= 1,07 meter
Ungu = 0,91 meter
Kinesiology olahraga
Otot adalah alat gerak aktif, tulang
sebgai alat gerak fasip, sendi sebagai penghubung antar tulang.
Jumlah system gerak 206 yang ada
hubungan dengan gerak ada 177.
Skull ialah tulang kepala. Axial
adalah kerangka poros contohnya vertebra, sternum, tulang iga, dan skull.
Appendicular adalah anggota tubuh
yang berhubungan langsung pada gerak. Ini terbagi dua yakni superior dan
inperior.
Kinesiology berasal dari dua kata
yakni kinein (yunani) artinya gerak atau movement, dan logos artinya ilmu
pengetahuan. Secara umum artinya ilmu yang mempelajari tetang gerak (science of
movement).
Kegunaannya mempelajarinya :
-
Kita
bisa mempelajari tentang dasar
motorik/spesialisasi gerak dan cabang olahraga
-
Kita
bisa menevaluasi latihan dengan hubungannya terhadap anantomi dan fisiologi
-
Meningkatkan
keterampilan gerak
-
Pencengahan
gerak
SISTEM kerangka
Otot yang bergerak aktif
Kerangka bergerak fasip
Sendi sebagai penghubung antar tulang
Jumlah system gerak ada 206 dan yang
berhubungan dengan gerak ada177
Axial adalah kerangka poros
appendicular adalah anggota tubuh yang berhubngan langsung dengan gerak ini
terbagi dua yakni eksremitar superior dan inferior.
Aerobic menggunakan oksigen yang
banyak sedangkan ananaerobik tidak terlalu membutuhkan oksigen/
Klasifikasi tulang long bones, short
bones, and flat bones.
Otot rangka atau lurik
Bagian terkecil otot disebut sel otot
atau myofibril atsu muscle cell
Selaput otot di bungkus oleh jaringan
endomysium kemudian dibungkus lagi oleh perimysium.
Karakteristik otot rangka;
Ekstensibility = kemampuan otot untuk memanjang dan lebih panjang
dari ukuran semula.
Elastic = kemampuan otot untuk kembali pada ukuran
semula.
Kontraksibility
= kemampuan
otot untuk memendek dan lebih
pendek dari ukuran semula, hal
ini terjadi jika otot sedang
melakukan
kegiatan.
Jenis otot serabut ada dua ;
-
Cepat cirri
kurang suplai darah besar dan polos
-
Lambat cirri
relative panjang, kaya suplai darah, berwarna merah, kecil, efisiensi kerja
tinggi dan tak mudah redah.
Klasifikasi otot rangka
-
Otot rangka
berbentuk bulat panjang (fusiform/spindle)
-
Otot rangka
brbentuk setengah kipas (penniiform)
-
Otot rangka
berbentuk kipas 2 sisi (bipenniform)
-
Otot rangka
berbentuk segitiga (triangular)
-
Otot rangka
berbentuk rhomboidal
-
Otot ramgka
berbentuk rectangular
Klasifikasi otot rangka berdasarkan kerja otot
;
-
Otot rangka
berbentuk sinergis = sekelompok otot yang berfungsi mengadakan kontraksi secara
berlangsung.
-
Otot rangka
berbentuk agonis = sekelompok otot yang berfungsi pada gerakan
-
Otot rangka
berbentuk antagonis = sekelompok otot yang berfungsi berlawanan dengan otot
agonis
-
Otot rangka
berbentuk fixator = sekelompok otot yang berfungsi menfiksasi gerakan
-
Otot rangka
berbentuk stabilation = sekelompok otot yang berfungsi mengstabilizin gerakan
-
Otot rangka
berbentuk support muscle = sekelompok otot yang berfungsi membantu otot utama
-
Otot rangka
berbentuk neutralisir = sekelompok otot yang berfungsi menetralisir gerakan
Belajar motorik
1. Kognitif adalah aktivitas yang
berhubungan dengan berfikir atau intelegent
2. Apektif adalah aktivitas yang
berhubungan dengan perasaan atau emosi
3. Psikomotor adalah aktivitas yang
berhubungan dengan aktivitas gerak terbagi menjadi tiga bagian lokomotor =
gerak berpindah dari tempat ke tempat yang lain, non-lokomotor = gerak
berporos, manipulasi = memainkan objek tertentu menggunakan badan.
P= pembelajaran
A= aktif
I= inovatif
K= krearif
E= efektif
M= menyenangkan
Kognitif terbagi 6 ; - pengetahuan
-
Pemahaman
-
Aplikasi
-
Analisis
-
Sintesis
-
Evaluasi
Apektif terbagi 5;
-
Menerima
atau memperhatikan
-
Menanggapi
-
Menilai
-
Pengorganisasian
-
Karekterisasi
nilai-nilai
Psikomotor terbagi 6 ;
-
Reflex
-
Kemampuan
gerak dasar terbagi 3 yakni lokomotor ; gerakan berpindah dari tempat ke tempat
lain, non-lokomotor ; gerakan melibatkan tangan dan kaki tapi tetap pada
porosnya, manipulasi ; gerakan yang melibatkan objek tertentu dalm bergerak
-
Kemampuan
perceptual
-
Gerakan
keterampilan
-
Koomunikasi non diskusi
Kerangka ada 216
Sendi 360
Tulang belakang ada 147 sendi ;
-
25
sendi antar tulang belakang
-
72
sendi antar tulang belakang dengan rusuk
-
50
sendi antar tulang belakang dengan jalan makanan
Tulang dada ada 24 sendi ;
-
2
sendi antar tulang dada dengan rongga dada
-
18
sendi antar tulang dada dengan kepala
-
2
sendi antar tulang selangka dengan belikat
-
2
sendi antar tulang belikat dengan dada
Tulang bagian atas tubuh 86 sendi ;
-
2
sendi antar tulang bahu
-
6
sendi antar tulang siku
-
8
sendi antar tulang pergelangan tangan
-
70
sendi antar tulang lengan
Tulang bagian bawah tubuh 92 sendi ;
-
2
sendi pada tulang paha
-
6
sendi antar dua tulang lutut
-
6
sendi antar tulang pergelangan tangan
-
74
sendi antar tulang telapak kaki
-
4
sendi antar tulang lutut
Daerah sekitar perut 11 sendi ;
-
4
sendi antar tulang ekor
-
6
sendi antar tulang pinggul
-
1
sendi antar tulang kemaluan
Factor yang mempengaruhi tulang ;
-
Struktur
tulang yang dihubungkan
-
Tali-tali
pengikat (ligament)
-
Otot
– otot yang melewati sendi
-
Jaringan
dan kulit disekitar sendi
-
Tekanan
afmosfir
Tife tubuh ; mesomorp =berotot
Indomorp = berlemak ada 2 yakni pir
dan apel
Ectomorp = kurus
Umur 6 – 10 tahun
|
10/11- 14tahun
|
15- 18 tahun
|
19 tahun keatas
|
Intensitas rendah
|
Mengenalkan cabang olahraga
|
Penentuan cabang olahraga
|
Pemamtapan olahraga
|
Fleksibilitas
Keseimbangan
Kooordinasi
Daya tahan
|
Penyempurnaan fleksibilitas,
keseimbangan, koordinasi, dan daya tahan
|
Pembentukan power skill
|
Peningkatan power skil
|
Modelnya or
Menyenangkan
modifikasi
|
Modelnya or
Menyenangkan
Modifikasi
kreavitas
|
Modelnya or
Tergantung or
|
Modelnya or
Tergantung or
|
1. Gerakan yang ditinjau dari segi
mekanis/gerakan
a. Translatori adalah gerakan dimana
benda bergerak secara keseluruhan dan berpindah dari tempat ke tempat lain. Kalua perpiindahannya lurus
disebut linear translator, kalau melengkung disebut kurvlinear translator.
b. Rotasi atau rotary adalah gerakan
yang berpusat padaporos tertentu
2. Muscular dalah system otot dimana
saat bergerak terjadi kontraksi otot
Macam otot menurut fungsinya antagonis= penghambat kontraksi
atau gerak tubuh, angonis= sebaliknya dari antagonis, sinergis= yang mengatur
gerakan.
Gerak ditinjau dari sebagai seatu
system
-
Penggerak
= otot sebagai aktif, tulang sebagai fasip, dan sendi sebagai poros.
-
Suplai
= pencernaan, peredaran, dan pernafasan
-
Control
= syaraf, endokrin, hormone.
Media pembelajaran
Manfaatnya secara umum ialah
memperlancar intraksi antara guru dengan sisswa sehingga kegiatan pembelajaran
lebih afektif dan efisien.
Manafaat medi secara khusus ialah
penyampaian materi pembelajaran dapat diseragam kan dengan bantuan media
pembeljaran penafsiran guru dapat menghidari dan dapat mengurangi terjadinya
kesenjangan imformasi terhadap siswa dimanapun berada.
Tujuannya 1. Menefisiensikan waktu
dan tenaga 2. Meningkatkan kualitas belAJAR SISWA.
Perencanaan adalah suatu acuan untuk
menyusun kerangka didalam rancangan kegiatan mengatur kegiatan.
Posting Komentar